Lakukan tips-tips ini jika kamu ingin mendaki Gunung

Banyak cara dilakukan orang-orang untuk sekedar refreshing dan keluar sejenak dari hiruk pikuknya kota, misalnya saja nuansa-nuansa yang bikin kita lebih dekat dengan alam. Banyak tempatnya, ada pantai, gunung, atau kegiatan outdoor lainnya. Nah yang akan saya bahas di sini adalah gunung. Pendakian gunung akhir-akhir ini sudah menjadi trend di Indonesia mengingat semakin cepatnya informasi yang kita dapat dari internet atau berbagai platform media sosial.

pegunungan gunung prau firmandwi.com tips mendaki gunung

Dari informasi tersebut, banyak orang yang mempunyai keinginan untuk sekedar merasakan bagaimana sensasinya mendaki gunung. Bagaimana rasanya melihat sunset atau sunrise secara langsung di ketinggian, bagaimana rasanya makan di dinginnya hawa gunung, bagaimana bersosialisasi dengan teman-teman baru sependakian, dan lain-lain. Hal tersebut tentu saja berdampak positif bagi pendaki maupun orang lokal sekitar gunung tersebut.

Namun bukan berarti tidak ada dampak negatifnya, semakin membludak pendaki maka semakin sulit juga pengontrolannya. Mulai dari sampah, aturan-aturan, pengetahuan tentang gunung, dan lain sebagainya. Iya kalau semua pendaki mematuhi peraturan-peraturan tersebut, nah kalau tidak? sepertinya di sini akan timbul masalah lagi. Misalnya saja kasus “orang hipotermia gara-gara mendaki gak bawa peralatan yang memadai”, gak bawa sleeping bag, gak bawa baju ganti, atau bahkan mungkin gak bawa tenda !. Tentu hal ini akan merepotkan pendaki lain atau tim SAR. “Bukannya tim SAR emang tugasnya gitu kak?”. Iyaaa tapi kalau kita udah nyiapin semua peralatan lengkap sebelumnya kan beda ceritanya. Intinya adalah kita usaha dan ikhtiar dulu, nah kalau hal tersebut sudah kita lakukan baru kita serahkan sama Yang Kuasa.

Udah panjang lebar ni yaa, saya ada tips-tips seputar pendakian gunung yang perlu kalian lakukan ketika ingin mendaki. Mungkin udah banyak ya tulisan-tulisan lain, namun tulisan ini dari pengalaman pribadi saya jadi bisa saja berbeda tapi intinya satu sama kok. “Keep Safe!”

pendakian gunung merbabu tahun 2015 
tips mendaki gunung
firmandwi.com
Foto pendakian tahun 2015

Berikut adalah beberapa tips yang saya lakukan saat mendaki :

  • Berdoa
  • Jika belum pernah ke gunung yang akan didaki, cari tahu sebanyak-banyaknya mengenai informasi. Baik itu estimasi waktu, karakteristik, akses ke basecamp, aturan-aturan di gunung tersebut, cuaca, sumber air, dll
  • Lakukan registrasi sesuai prosedur pendakian
  • Jangan pernah menyepelekan waktu walaupun dalam menit
  • Pastikan logistik mencukupi selama anda berada di gunung
  • Bawa perlengkapan yang sesuai, jangan terlalu banyak untuk hal yang kurang dibutuhkan.
  • Usahakan fisik siap, lakukan latihan-latihan terutama pernafasan seperti lari atau renang beberapa hari atau minggu sebelumnya jika memang sudah lama tidak mendaki atau baru pertama kali.
  • Jika kamu baru pertama kali banget, coba mendaki di gunung yang tidak terlalu tinggi. Cari teman yang minimal sudah pernah mendaki sebelumnya.
  • Cari tahu tentang bagaimana penanganan kondisi darurat di gunung seperti penanganan hipotermia dsb.
  • Kantongi pakaian anda dengan plastik sebelum masuk carrier untuk menghindari basah karena pengembunan
  • Segera ganti pakaian yang kering setelah mendirikan tenda karena pakaian yang basah dapat menyebabkan hipotermia. Entah itu basah keringat ataupun hujan.
  • Siapkan senter dan baterai saat tracking malam hari
  • Bawa makanan yang dapat mengembalikan tenaga anda, misalnya gandum, coklat, madu, yang manis-manis (tapi bukan dia)😁
  • Ngeteh atau ngopi di gunung jangan lupa 🍮
  • Bawa turun sampahmu

Itulah beberapa tips untuk kalian yang ingin mendaki gunung terutama bagi yang belum pernah mendaki sebelumnya.

Terima kasih. Salam Lestari…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *